-->

Merdeka Energi dan Pangan di Tengah Pandemi

Meskipun New Normal sedang gencar dikonsolidasikan, rasa situasi pandemi dan pascanya masih akan berlangsung cukup lama. Seperti yang kita tahu pandemi ini tengah menghantam setiap sendi perekonomian di seluruh dunia.

Banyak tetangga yang mengeluhkan permasalahan ekonomi mereka, mereka yang bekerja di pabrik hanya bisa bekerja 2 hari selama seminggu, bayangkan berapa banyak penghasilan mereka terpotong. Itu masih beruntung karena yang lain malah dirumahkan. Mereka yang berdagang pun banyak yang mengeluhkan penurunan omzet. Para petani yang memang minim pendapatan semakin terjerat pula akibat pandemi ini.

Merdeka Energi dan Pangan adalah hal yang harus mulai kita usahakan. Semua bisa kita rintis dengan cara menghasilkan energi dan pangan secara mandiri, tinggal ambil di kebun, halaman, pekarangan atau mungkin taman kecil kita.

MERDEKA ENERGI



Listrik menjadi energi yang paling dekat dan bersentuhan langsung dengan kita setiap harinya. Meski PLN berencana menurunkan biaya listrik namun sampai sekarang belum ada realisasinya. 

Dengan menciptakan listrik sendiri kita bisa berhemat jauh lebih banyak dan tentu akan sangat membantu meringankan pengeluaran kita. Meski tentu ada harga investasi yang lumayan di awal.

Solar Cell tentu bisa jadi pilihan tepat, dimana negara kita adalah negara dengan curahan sinar matahari yang cukup baik. Tentu anugerah Tuhan ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin. Kita bisa merakit sendiri atau jika kita tidak mau repot sekarang sudah banyak yang menjual rakitannya dengan harga bervariasi sesuai kapasitas dan kualitas onderdilnya.

Kita bisa mengalihkan separo kapasitas listrik PLN kita ke solar Cell dengan biaya per bulannya gratis. Jadi jika kita biasanya membayar 300 ribu tiap bulan, menggunakan solar Cell kita bisa cukup mengeluarkan 150 ribu untuk pengeluaran listrik. Dan yang paling penting kita tak perlu berhemat listrik secara berlebihan untuk mengurangi pengeluaran. Karena harus kita sadari listrik adalah kebutuhan yang membantu kehidupan kita setiap hari. 
perhitungan di atas jika kita mengeluarkan modal 1,5 juta untuk rakitan solar Cell, kita akan balik modal dalan waktu 10 bulan, dan solar Cell kita masih akan terus bermanfaat setelah itu.

MERDEKA PANGAN

Dalam situasi pandemi, tentu akan lebih aman jika kita bisa menyediakan makanan secara mandiri. Selain penghematan karena kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli, tentu juga lebih efisien waktu dan aman karena tidak terjamah banyak orang yang memungkinkan menularkan virus.

Tapi aku gak punya lahan?
Teknologi pertanian saat ini sudah sangat canggih, kita bisa membuat hidroponik bertingkat yang tidak memakan lahan besar.

atau juga membuat vertikal garden untuk di pagar rumah untuk sayuran segar yang siap kita masak dalam kondisi sangat fresh.

Dalam teknologi Buah-buahan pun telah banyak inovasi menanam buah di pot, meski batangnya kecil tetap bisa berbuah lebat dan enak. 

Untuk lauk, kita bisa memelihara ikan di rumah, dewasa ini telah banyak yang mengembangkan Aquaponik untuk memelihara ikan sekaligus berkebun sayur. Bahkan kita juga bisa memelihara ikan lele di dalam tong.
Yang perlu kita lakukan saat ini adalah mencari ilmunya sedetail-detailnya dan mempraktekkan di rumah. Teknologi telah memungkinkan kita untuk mencari informasi dan belajar dengan cepat.

Related Posts

2 comments

semogga indonesia makin maju dengan pemberdayaan energi yang sama
Nandar said…
Keren bang infonya.. semoga Indonesia semakin maju
Subscribe Our Newsletter