-->

RPP Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 3

                                     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP) 

Satuan Pendidikan : SD ………………………………...

Kelas / Semester : IV / 1 (Satu) 

Tema 5 : Pahlawanku 

Subtema 3 : Sikap kepahlawanan 

Pembelajaran : 3 

Alokasi Waktu : 6 x 35 menit 

A. KOMPETENSI INTI (KI) 

KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.  KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya. 

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,  membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,  makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di  rumah, sekolah, dan tempat bermain. 

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,  dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam  tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 

B. KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR 

IPA 

KOMPETENSI DASAR 

INDIKATOR

3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan  keterkaitannya dengan indera  pengelihatan. 

4.7 Menyajikan laporan hasil percobaan  tentang sifat-sifat cahaya.

3.7.5 Menganalisis sifat cahaya mampu  menguraikan warna dan  keterkaitannya dengan indera  pengelihatan dalam kehidupan sehari  hari. 

4.7.3 Menghasilkan karya berupa  cakram warna dengan baik. 

4.7.4 Mengomunikasikan laporan hasil  percobaan tentang sifat-sifat cahaya.



BAHASA INDONESIA 

KOMPETENSI DASAR 

INDIKATOR

3.7 Menggali pengetahuan baru yang  terdapat pada teks nonfiksi. 

4.7Menyampaikan pengetahuan baru dari  teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan  bahasa sendiri.

3.7.4 Menemukan kata sulit dari bacaan  teks nonfiksi. 

4.7.3 Menuliskan kata sulit dan artinya  dari bacaan teks non fiksi ke dalam  tulisan dengan bahasa sendiri.



PPKN

KOMPETENSI DASAR 

INDIKATOR

3.1 Memahami makna hubungan simbol  dengan sila-sila Pancasila. 

4.1 Menjelaskan makna hubungan simbol  dengan sila-sila Pancasila sebagai satu  kesatuan dalam kehidupan sehari-hari

3.1.3 Menganalisis makna hubungan  simbol dengan sila-sila Pancasila  sebagai satu kesatuan dalam  kehidupan sehari-hari. 

4.1.1 Menyusun tabel tentang makna  hubungan simbol dengan sila 




pancasila sebagai satu kesatuan  dalam kehidupan sehari-hari.



C. TUJUAN PEMBELAJARAN 

1. Setelah melihat video tentang percobaan membuat cakram warna, siswa mampu  menghasilkan karya berupa cakram warna yang sesuai dengan 7 langkah secara urut. 2. Setelah melihat video tentang percobaan membuat cakram warna, siswa mampu  menghasilkan karya berupa cakram warna yang berfungsi dan rapi. 

3. Setelah melakukan percobaan cakram warna, Siswa dapat menganalisis pengetahuannya  tentang 1 sifat cahaya terkait cakram warna dengan tepat. 

4. Setelah melakukan percobaan membuat cakram warna, siswa mampu mengomunikasikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya secara lisan  dengan menggunakan aplikasi ZOOM meeting dengan serta lengkap, runtut dan jelas. 

5. Setelah membaca teks non fiksi siswa mampu menemukan kata sulit pada bacaan  minimal3 dengan tepat. 

6. Setelah melakukan percobaan membuat cakram warna, siswa menuliskan kata sulit dan  artinya dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri minimal 3 dengan tepat. 7. Setelah menonton video pembelajaran, siswa mampu menganalisis makna hubungan  simbol sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari minimal 3  dengan tepat. 

D. MATERI PEMBELAJARAN 

1. Membuat cakram warna 

2. Hubungan simbol sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari 3. Teks non fiksi. 

E. PENDEKATAN, MODEL,METODE PEMBELAJARAN 

Pendekatan :Sainstifik. 

Model : Project Based Learning 

Metode : Ceramah melalui zoom dan video 

Demonstrasi Percobaan cakram warna melalui video 

Tanya jawab melalui zoom meeting 

Presentasi melalui zoom meeting 

F. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan 

Deskripsi Kegiatan 

Saintifik, 4C,  TPACK

Alokasi 

Waktu

Pendahuluan

SESI 1 (ZOOM MEETING) 

Melalui aplikasi schoology, Guru memberikan salam dan mengajak  semua siswa berdo’a menurut  agama dan keyakinan masing masing. Religius. 

Siswa melakukan presensi pada  aplikasi schoology. 

Melalui aplikasi schoology, Siswa  diingatkan untuk menyiapkan alat  dan bahan untuk paktik membuat  cakram warna.

Technology 

Collaboration 

Disiplin 

Paedagogik

10 menit



Kegiatan 

Deskripsi Kegiatan 

Saintifik, 4C,  TPACK

Alokasi 

Waktu


Melalui Zoom meeting, Siswa  dipandu menyanyikan lagu  nasional. Nasionalisme 

Melalui ZOOM Meeting, Siswa  menyimak guru ketika melakukan  warming up dengan gerakan senam  otak. 

Siswa menyimak guru  menyampaikan motivasi tetap  semangat belajar meskipun dalam  keadaan pandemi. 

Siswa menyimak guru ketika  menyampaikan tujuan pembelajaran  hari ini. 

Technology 

Paedagogik 

Paedagogik


Inti

SESI 1 

Zoom meeting  

Siswa menyimak guru yang  mengingatkan tentang pembelajaran  sebelumnya yaitu tentang materi sifat- cahaya. 

Guru menampilkan contoh video  anak bermain gelembung balon yang menguraikan cahaya  menggunakan fitur screen share zoom. 

Siswa mengamati video tersebut.  Guru menanya pada siswa warna  apa saja yang muncul ketika cahaya  diuraikan. 

Guru bertanya pada siswa,  “Bagaimana ya caranya kita  membuktikan bila cahaya putih  terdiri dari berbagai warna?”  Menentukan pertanyaan mendasar  (PjBL Langkah 1) 

Siswa menyimak informasi tentang  penentuan proyek yang dilakukan  untuk memantapkan materi tentang  cahaya.Penentuan proyek 

Siswa ditampilkan video tentang  cara membuat cakram warna. Video  juga diupload di youtube untuk  memudahkan siswa melakukan  review mandiri. menyimak 

Guru mereview kembali alat bahan  dan cara kerja membuat cakram  warna. Membuat design 

Knowledge 

Menanya 

Content 

Mengamati 

Menanya 

Menalar 

Critical thinking 

Knowledge 

Technology 

Content 

Paedagogik

2x30  

menit



Kegiatan 

Deskripsi Kegiatan 

Saintifik, 4C,  TPACK

Alokasi 

Waktu


proyek(PjBL Langkah 2) 

Siswa berdiskusi dengan guru  tentang kesulitan pembuatan cakram  warna. komunikasi 

Siswa diminta mempersiapkan alat  bahan yang ada di rumahMenyusun  penjadwalan (PjBL Langkah 3) 

Siswa diberikan waktu untuk  membuat cakram warna Bersama  guru dan teman ketika zoom  meeting. 

Siswa ditanya tentang kemajuan  proyek pembuatan cakram warna (PjBL Langkah 4). 

Siswa mengumpulkan kolase foto  proses pembuatan cakram warna  secara urut dan hasilnya di upload hasilnya ke schoology. Tanggungjawab 

Siswa mengerjakan LKPD tentang  cakram warna dan hasilnya diupload  di schoology.

Mengkomunikasikan Communication 

Creative 

Collaboration 

Mencoba 

Communication


SESI 2 

Guru membagikan video  pembelajaran melalui schoology  dan grup WA tentang makna  hubungan simbol dengan sila  pancasila tiga sebagai satu kesatuan  dalam kehidupan sehari-hari. 

Siswa menonton video tentang  makna hubungan simbol dengan  sila pancasila sebagai satu kesatuan  dalam kehidupan sehari-hari.  

Siswa menyelesaikan pertanyaan  tentang makna hubungan simbol  dengan sila pancasila sebagai satu  kesatuan dalam kehidupan sehari 

hari di LKPD. 

Siswa diminta untuk membaca teks  nonfiksi pada bahan ajar siswa  diminta untuk mencari 3 kata sulit  yang ada pada teks tersebut. 

Siswa diminta menuliskan kata  sulit dan artinya pada bacaan  minimal 3 dengan tepat.

Technology 

Content 

Knowledge 

Mengamati 

Menalar 

Critical thinking 

Mengamati

2x35  

menit



Kegiatan 

Deskripsi Kegiatan 

Saintifik, 4C,  TPACK

Alokasi 

Waktu


Siswa diminta menuliskan arti kata  sulit tersebut menurut pemahaman  dan bahasanya sendiri.

Menalar


SESI 3 

Siswa bersama guru menyimpulkan  bahwa kegiatan membuat cakram  warna ada hubungannya dengan  makna hubungan simbol dengan  sila pancasila sebagai satu kesatuan. 

Siswa mempresentasikan hasil  cakram warna yang sudah dibuat  melalui zoom meeting bersama guru  kelas.Komunikasi 

Guru menilai hasil cakram warna  setelah presentasi. Penilaian  hasil(PjBL Langkah 5) 

Siswa bersama guru menyimpulkan  sifat cahaya yang terjadi pada  cakram warna yang sudah  dibuat.Evaluasi pengalaman(PjBL  Langkah 6)

Paedagogik 

Technology 

Communication 

Mengkomunikasikan Paedagogik 

Paedagogik 

Collaboration

2x30  

menit

Penutup

Bersama-sama siswa membuat  kesimpulan / rangkuman hasil  belajar selama sehari Integritas 

Siswa mengerjakan soal di  schoology untuk memeriksa  pemahaman pengetahuan tentang  pembelajaran hari ini. 

Mengajak semua siswa berdo’a  menurut agama dan keyakinan masing-masing(untuk mengakhiri  kegiatan pembelajaran) Religius

Collaboration 

Communication 

Colaboration

10 menit



G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN 

Buku Pedoman Guru Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum  2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017). 

Buku Siswa Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013  Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017). 

LMS Schoology 

WA grup 

Video yang diunggah ke youtube tentang membuat cakram warna 

Bahan Ajar  

Perlengkapan untuk percobaan IPA, setiap anak membutuhkan gunting, kertas origami,  lem kertas, benang kasur,  

H. PENILAIAN

TEKNIK PENILAIAN 

a) Sikap; Penilaian Sikap Dilakukan Melalui Observasi 

Penilaian sikap dilakukan ketika proses kegiatan pembelajaran 

b) Pengetahuan 

a. Jenis : tes tulis 

b. bentuk : soal diaplikasi schoology 

c) Keterampilan 

Penilaian keterampilan dilakukan melalui:  

a. Membuat Cakram Warna 

b. Presentasi Cakram Warna 

c. Membuat Tabel tentang makna hubungan simbol dengan sila pancasila sebagai satu  kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. 

                                 Surabaya, 30 September 2020 

Mengetahui, 

Kepala Sekolah 

                                                                                                              Guru Kelas IV 

                                                                                                        M. YUSUF SHOBAHI, S.Pd.

Download file disini


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter