(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ………………………………...
Kelas / Semester : IV / 1 (Satu)
Tema 5 : Pahlawanku
Subtema 3 : Sikap kepahlawanan
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR
IPA
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR |
3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera pengelihatan. 4.7 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya. | 3.7.5 Menganalisis sifat cahaya mampu menguraikan warna dan keterkaitannya dengan indera pengelihatan dalam kehidupan sehari hari. 4.7.3 Menghasilkan karya berupa cakram warna dengan baik. 4.7.4 Mengomunikasikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya. |
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR |
3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi. 4.7Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri. | 3.7.4 Menemukan kata sulit dari bacaan teks nonfiksi. 4.7.3 Menuliskan kata sulit dan artinya dari bacaan teks non fiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri. |
PPKN
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR |
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila. 4.1 Menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari | 3.1.3 Menganalisis makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. 4.1.1 Menyusun tabel tentang makna hubungan simbol dengan sila |
| pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. |
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah melihat video tentang percobaan membuat cakram warna, siswa mampu menghasilkan karya berupa cakram warna yang sesuai dengan 7 langkah secara urut. 2. Setelah melihat video tentang percobaan membuat cakram warna, siswa mampu menghasilkan karya berupa cakram warna yang berfungsi dan rapi.
3. Setelah melakukan percobaan cakram warna, Siswa dapat menganalisis pengetahuannya tentang 1 sifat cahaya terkait cakram warna dengan tepat.
4. Setelah melakukan percobaan membuat cakram warna, siswa mampu mengomunikasikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya secara lisan dengan menggunakan aplikasi ZOOM meeting dengan serta lengkap, runtut dan jelas.
5. Setelah membaca teks non fiksi siswa mampu menemukan kata sulit pada bacaan minimal3 dengan tepat.
6. Setelah melakukan percobaan membuat cakram warna, siswa menuliskan kata sulit dan artinya dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri minimal 3 dengan tepat. 7. Setelah menonton video pembelajaran, siswa mampu menganalisis makna hubungan simbol sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari minimal 3 dengan tepat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Membuat cakram warna
2. Hubungan simbol sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari 3. Teks non fiksi.
E. PENDEKATAN, MODEL,METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :Sainstifik.
Model : Project Based Learning
Metode : Ceramah melalui zoom dan video
Demonstrasi Percobaan cakram warna melalui video
Tanya jawab melalui zoom meeting
Presentasi melalui zoom meeting
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Saintifik, 4C, TPACK | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | SESI 1 (ZOOM MEETING) Melalui aplikasi schoology, Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing masing. Religius. Siswa melakukan presensi pada aplikasi schoology. Melalui aplikasi schoology, Siswa diingatkan untuk menyiapkan alat dan bahan untuk paktik membuat cakram warna. | Technology Collaboration Disiplin Paedagogik | 10 menit |
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Saintifik, 4C, TPACK | Alokasi Waktu |
| Melalui Zoom meeting, Siswa dipandu menyanyikan lagu nasional. Nasionalisme Melalui ZOOM Meeting, Siswa menyimak guru ketika melakukan warming up dengan gerakan senam otak. Siswa menyimak guru menyampaikan motivasi tetap semangat belajar meskipun dalam keadaan pandemi. Siswa menyimak guru ketika menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. | Technology Paedagogik Paedagogik |
|
Inti | ▪ SESI 1 Zoom meeting ▪ Siswa menyimak guru yang mengingatkan tentang pembelajaran sebelumnya yaitu tentang materi sifat- cahaya. ▪ Guru menampilkan contoh video anak bermain gelembung balon yang menguraikan cahaya menggunakan fitur screen share zoom. ▪ Siswa mengamati video tersebut. ▪ Guru menanya pada siswa warna apa saja yang muncul ketika cahaya diuraikan. ▪ Guru bertanya pada siswa, “Bagaimana ya caranya kita membuktikan bila cahaya putih terdiri dari berbagai warna?” Menentukan pertanyaan mendasar (PjBL Langkah 1) ▪ Siswa menyimak informasi tentang penentuan proyek yang dilakukan untuk memantapkan materi tentang cahaya.Penentuan proyek ▪ Siswa ditampilkan video tentang cara membuat cakram warna. Video juga diupload di youtube untuk memudahkan siswa melakukan review mandiri. menyimak ▪ Guru mereview kembali alat bahan dan cara kerja membuat cakram warna. Membuat design | Knowledge Menanya Content Mengamati Menanya Menalar Critical thinking Knowledge Technology Content Paedagogik | 2x30 menit |
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Saintifik, 4C, TPACK | Alokasi Waktu |
| proyek(PjBL Langkah 2) ▪ Siswa berdiskusi dengan guru tentang kesulitan pembuatan cakram warna. komunikasi ▪ Siswa diminta mempersiapkan alat bahan yang ada di rumahMenyusun penjadwalan (PjBL Langkah 3) ▪ Siswa diberikan waktu untuk membuat cakram warna Bersama guru dan teman ketika zoom meeting. ▪ Siswa ditanya tentang kemajuan proyek pembuatan cakram warna (PjBL Langkah 4). ▪ Siswa mengumpulkan kolase foto proses pembuatan cakram warna secara urut dan hasilnya di upload hasilnya ke schoology. Tanggungjawab ▪ Siswa mengerjakan LKPD tentang cakram warna dan hasilnya diupload di schoology. | Mengkomunikasikan Communication Creative Collaboration Mencoba Communication |
|
SESI 2 ▪ Guru membagikan video pembelajaran melalui schoology dan grup WA tentang makna hubungan simbol dengan sila pancasila tiga sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. ▪ Siswa menonton video tentang makna hubungan simbol dengan sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. ▪ Siswa menyelesaikan pertanyaan tentang makna hubungan simbol dengan sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari hari di LKPD. ▪ Siswa diminta untuk membaca teks nonfiksi pada bahan ajar siswa diminta untuk mencari 3 kata sulit yang ada pada teks tersebut. ▪ Siswa diminta menuliskan kata sulit dan artinya pada bacaan minimal 3 dengan tepat. | Technology Content Knowledge Mengamati Menalar Critical thinking Mengamati | 2x35 menit |
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Saintifik, 4C, TPACK | Alokasi Waktu |
| ▪ Siswa diminta menuliskan arti kata sulit tersebut menurut pemahaman dan bahasanya sendiri. | Menalar |
|
SESI 3 ▪ Siswa bersama guru menyimpulkan bahwa kegiatan membuat cakram warna ada hubungannya dengan makna hubungan simbol dengan sila pancasila sebagai satu kesatuan. ▪ Siswa mempresentasikan hasil cakram warna yang sudah dibuat melalui zoom meeting bersama guru kelas.Komunikasi ▪ Guru menilai hasil cakram warna setelah presentasi. Penilaian hasil(PjBL Langkah 5) ▪ Siswa bersama guru menyimpulkan sifat cahaya yang terjadi pada cakram warna yang sudah dibuat.Evaluasi pengalaman(PjBL Langkah 6) | Paedagogik Technology Communication Mengkomunikasikan Paedagogik Paedagogik Collaboration | 2x30 menit |
Penutup | Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas Siswa mengerjakan soal di schoology untuk memeriksa pemahaman pengetahuan tentang pembelajaran hari ini. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing(untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius | Collaboration Communication Colaboration | 10 menit |
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Pedoman Guru Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Buku Siswa Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
LMS Schoology
WA grup
Video yang diunggah ke youtube tentang membuat cakram warna
Bahan Ajar
Perlengkapan untuk percobaan IPA, setiap anak membutuhkan gunting, kertas origami, lem kertas, benang kasur,
H. PENILAIAN
TEKNIK PENILAIAN
a) Sikap; Penilaian Sikap Dilakukan Melalui Observasi
Penilaian sikap dilakukan ketika proses kegiatan pembelajaran
b) Pengetahuan
a. Jenis : tes tulis
b. bentuk : soal diaplikasi schoology
c) Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan melalui:
a. Membuat Cakram Warna
b. Presentasi Cakram Warna
c. Membuat Tabel tentang makna hubungan simbol dengan sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
Surabaya, 30 September 2020
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelas IV
M. YUSUF SHOBAHI, S.Pd.
Download file disini
Komentar