-->

Sepakbola dan Anak-anak

Sepakbola dan anak-anak



Sudah jadi rahasia umum bahwa sepakbola adalah olahraga paling digemari di seluruh dunia, piala dunia olahraga yang paling ditunggu juga adalah piala dunia sepakbola. tua, muda, laki-laki, perempuan tak terkecuali juga anak-anak kecil. salahsatu penyebab olahraga ini sangat digemari adalah karena olahraga cukup fleksibel dengan segala kondisi yang ada, tentu kita tidak berbicara di taraf profesional. waktu saya kecil saya pernah bermain sepakbola di halaman rumah tetangga, sawah, sungai yang sedang kering bahkan juga di jalan raya. asalkan ada bola kita bisa bermain, ranting-ranting pohon atau sandal jepit bisa kita gunakan sebagai gawang meski sering menimbulkan kontroversi antara gol dan tidak, namun itu tak pernah melunturkan kebahagiaan kita bermain sepakbola. fleksiblitas tempat bermain ini, pada akhirnya membuat sepakbola berkembang menjadi beberapa jenis, selain sepakbola lapangan yang masih menjadi primadona, sekarang sudah muncul futsal, sepakbola pantai bahkan juga sepakbola jalanan.

kali ini mari kita tinggalkan sejenak sepakbola yang penuh tekanan, konfrontasi, kenaif-an dan gelimangan uang yang bermain. dan mari kita sedikit membahas sepakbola yang penuh keceriaan, keikhlasan dan impian yang dimainkan oleh anak-anak kita. karena sejatinya inilah wajah asli sepakbola itu sendiri. Keceriaan, saat melihat anak-anak bermain tentu tak akan meninggalkan keceriaan dalam setiap detiknya. tanpa aturan yang terlalu rinci, menendang bola dan mengarahkan ke gawang lawan adalah satu-satunya aturan yang harus diingat membuat anak-anak bermain dengan tanpa tekanan. Keikhlasan, tanpa sesuatu yang dituntut secara berlebihan, sepakbola anak-anak menjadi sesuatu yang terlihat penuh keikhlasan. semua bermain dengan penuh semangat tanpa berharap imbalan apapun, mereka hanya tau menang menjadi sesuatu yang menggembirakan untuk diperjuangkan, dan kalah adalah sesuatu yang menyedihkan. meski berkali-kali kalah juga besok mereka tetap akan datang lagi untuk bermain. karena kegembiraan sesengguhnya adalah permainan itu sendiri. Impian, sebagian besar anak pasti lebih mengenal pemain-pemain sepakbola dunia macam cristiano ronaldo, lionel messi dan juga muhammad salah daripada nama presiden-presiden indonesia dari yang pertama sampai yang ketujuh. saat ditanya cita-citanya pun banyak anak yang memimpikan menjadi pesepakbola saat besar nanti. Disinilah sepakbola mengajarkan kepada anak-anak untuk berani bermimpi dan memelihara impian sejak usia dini.Tidak semuanya akan mencapai impiannya, bahkan tidak semua akan menemukan jalan untuk mencapainya. Tapi disinilah mereka belajar untuk mengenal sebuah impian.

Jika saya jadi menteri pendidikan (ngayal), tentu akan saya wajibkan setiap sekolah untuk mempunyai ekstra sepakbola atau futsal. karena sejauh yang saya lihat olahraga ini mempunyai banyak manfaat untuk anak-anak, selain manfaat kesehatan dan kebugaran, sepakbola secara tidak langsung akan membangun dan memudahkan anak-anak untuk bersosialisasi dengan temannya yang lain, permainan tim membuat anak-anak belajar bekerjasama dengan teman dan juga belajar untuk saling membantu. Itu lah kenapa pola pertemanan anak-anak bola akan terlihat lebih erat dan loyal(sejauh pengamatan saya ya)




Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter