-->

Cerita kelas: Mencari Harta Karun

Mencari harta Karun SAIM

Pagi itu beberapa anak memandangku sinis, beberapa sambil berbisik-bisik entah membicarakan apa. Mungkin efek setelah kebanyakan makan daging idul Adha kemarin memberi efek sinis ke anak-anak 🤗" pikirku. Tiba-tiba beberapa anak memberanikan diri mendekatiku, salahsatu dari mereka membuka pembicaraan dengan halus "ustadz Minggu kemarin kan kita sudah bikin peta?" Sambil menunjukkan senyum manis khas para perayu tingkat kecamatan. Seketika aku ingat klo sebelum liburan aku menjanjikan mereka untuk bermain mencari harta Karun. ustadz lupa belum menyiapkan" selorohku. Seketika wajah mereka yang awalnya manis perlahan berubah sinis dan penuh intimidasi, nada rayuan serempak berubah jadi paksaan. Ustadz sudah janji" kata Adam. Iya harus hari ini" Zahra menyahut. Dan dalam sekejap aku sudah dalam kepungan krucil-krucil dengan penuh tatapan intimidasi paling lucu sejagat. Sambil berteriak serempak"ha-ri i-ni, ha-rus" yang diulang-ulang kayak suporter bola yang timnya kalahan.

Pelajaran pertama hari itu, hati-hati bila berjanji pada anak-anak. "baiklah nanti sesi 2 kita mencari harta Karun asalkan kalian bisa selesaikan LKS ini di sesi 1 ini" kataku. "Oke" jawab mereka serempak. LKS yang aku pegang langsung disahut dan dibagikan ke teman-temannya, semangat sekali. "Jangan lupa berdoa dulu"selorohku. Serempak mereka langsung kompak berdoa, aku tertawa dalam hati. Baiklah sambil mengawasi mereka mengerjakan LKS dengan keadaan yang serius layaknya status siaga 1, aku menyiapkan pos-pos untuk aku tempel pertanyaan tentang penjumlahan ribuan juga aku siapkan botol minum yang aku temukan di tempat sampah dan aku beri kertas berisi sebuah tulisan yang akan jadi harta Karun yang harus mereka cari.


Singkat cerita, setelah beristirahat pembelajaran sesi kedua tiba, tanpa aku suruh mereka sudah berbaris rapi di depan papan tulis, ya karena aku sudah menulis sesuatu di papan tulis makanya mereka langsung berinisiatif menghadap ke arah papan. Aku panggil edo untuk membagikan peta yang sudah mereka buat. Langkah pertama, aku menyuruh menulis beberapa angka yang di beberapa tempat pada peta mereka, beberapa hanya angka palsu, beberapa angka yang memang menjadi petunjuk jalan menuju pos yang harus mereka tuju. Setelah mereka selesai menulis angka-angka ribuan di petanya. langkah kedua, aku beritahu cara mencari harta Karun kali ini, yakni mereka harus menyelesaikan soal penjumlahan ribuan 1330+2330. Jawabannya 3.660. berarti kalian harus mencari angka 3.660 di peta, nah setelah ketemu langsung cari petunjuk selanjutnya ditempat itu. Petunjuk pertama ada di sebuah pintu"kataku. Mereka langsung berlarian mencari petunjuk pertama. Langkah ketiga, aku langsung bersembunyi karena tulisan di harta karunnya adalah harta karunnya dibawa ustadz Yusuf. Jahil banget kan. Yang penting semua bahagia karena semua berhasil menemukan harta karunnya yang aku selipin di rumah pohon dan semua bisa menaikkan rewardnya....

Related Posts

1 comment

terserah said…

ayo daftar di agen365*com :D
WA : +85587781483
Subscribe Our Newsletter