-->

3 Gunung dengan Track Pendakian Pendek di Jawa Timur

Mendaki gunung masih menjadi salah satu Travelling favorit bagi masyarakat Indonesia, pemandangan yang luas dan indah dari puncak gunung tentu akan menjadi candu dan membuat rasa lelah menjadi hilang seketika. Namun banyak masyarakat yang ingin mendaki gunung menjadi ragu dan bahkan mengurungkan niatnya karena lamanya waktu mendaki sehingga terbentur dengan padatnya jadwal pekerjaan, banyak pula para pemula yang ragu pada kemampuannya jika harus mendaki berhari-hari.


Berikut beberapa gunung di jawa timur yang bisa dijadikan alternatif mendaki di saat libur weekend yang pendek dan juga cocok untuk para pemula atau bagi mereka ingin rutin mendaki di setiap weekend.
1. Gunung Panderman
Gunung panderman

Gunung Panderman berada di wilayah kota batu, tepatnya di dusun toyomerto desa pesanggrahan memiliki tinggi 2.045 mdpl gunung ini cocok untuk pemula dan untuk digunakan Tek tok. Pemandangan paling memukau dapat di temukan di puncak Panderman atau di camp latar Ombo yang biasa digunakan para pendaki untuk beristirahat sebelum melanjutkan pendakian menjelang pagi untuk menjemput sunrice di puncak Panderman. Waktu normal untuk mendaki Panderman + 3 jam untuk mencapai puncaknya.


2. Gunung penanggungan
Gunung yang memiliki nama lain gunung Pawitra ini terletak di wilayah Trawas, Mojokerto. Ada 3 jalur pendakian yang bisa dilewati dan patut dicoba semua karena memiliki keistimewaan dan tantangan masing-masing selain itu juga agar tidak jenuh. Jalur pertama dan yang paling ramai dan menjadi favorit wisatawan adalah jalur Tamiajeng samping Ubaya Training Center(UTC), yang menarik dari jalur ini karena ada puncak bayangan yang bisa digunakan untuk beristirahat dan menikmati pemandangan hijau kota Trawas sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak menjelang matahari terbit.
Gunung penanggungan
Bayangan gunung penanggungan di pagi hari
Jalur kedua adalah dari pemandian jolotundo, keistimewaan dari jalur ini kita bisa melihat banyak situs candi di sela-sela perjalanan ke puncak.
Salah satu situs candi yang bisa ditemui lewat jalur jolotundo

Kalau memutuskan naik dari jalur ini saya sarankan untuk tidak terlalu sore agar bisa sampai ke puncak sebelum malam karena tidak ada puncak bayangan di jalur ini dan satu-satunya tempat yang bisa digunakan berkemah hanya di puncak gunung. Jalannya juga cukup curam  dan berbahaya jika digunakan mendaki malam hari. Jalur yang ketiga bisa lewat Ngoro Mojokerto.

3. Gunung pundak
Gunung pundak berada di kawasan desa claket, Pacet. Gunung ini terletak tepat disamping gunung welirang sehingga sering disebut anak gunung welirang, ketinggiannya hanya 1.547 mdpl dan dalam waktu normal hanya butuh waktu 2-3 jam untuk mencapai puncak. Untuk bisa sampai ke gunung pundak ini kita harus masuk ke wilayah wisata Pemandian Pacet lewat pintu masuk Claket, lalu ikuti jalan dan nanti akan ada pos pendakian tepat disebelah pos pengawasan hutan. Di atas nanti ada 2 tempat berkemah yang bisa dipilih yakni di puncak gunung pundak atau memilih berkemah di putuk siwur, saya sarankan jika anda ingin menikmati malam untuk berkemah di putuk siwur karena anda bisa menikmati lampu-lampu kota kecil Pacet dari tempat ini, yah selama tidak ada kabut ya...

Demikian 3 gunung yang bisa dicoba untuk pendakian pendek ataupun Tek tok pulang pergi secara langsung... selamat mencoba.

Related Posts

1 comment

miao sai said…
ayo daftar di agen365*com :D
WA : +85587781483
Subscribe Our Newsletter