-->

Cerita kelas: Belajar tanggung jawab dari merawat lele

Merawat ikan lele
Anak-anak memberi makan lele setiap pagi dan sore hari

Anak-anak usia kelas 3 SD memanglah harus mulai belajar tentang tanggung jawab. Level tanggung jawab dalam proses pembelajaran harus disesuaikan dengan usia anak. Di usia 8-9 tahun ini tentu dibutuhkan aktivitas yang lekat dengan keseharian dan juga menarik serta mengasyikkan bagi mereka. Sebagian besar anak-anak menyukai hewan, memberi mereka hewan peliharaan untuk dirawat dan terus-menerus diawasi bisa menjadi salahsatu bentuk belajar tanggung jawab yang asyik dan menyenangkan untuk mereka. Berangkat dari itu semua kelas 3 SD SAIM membuat program merawat ikan lele di kolam sekolah.


Setelah ustadz-ustadzah menyampaikan bahwa proyek kelas 3 selanjutnya adalah memelihara lele, anak-anak bersorak gembira dan sangat antusias, hal yang dilakukan pertama kali adalah membersihkan kolam lele yang sudah lama tidak dipakai. Semua anak bergantian masuk kolam lele dan membersihkan menggosok lantai dan dinding kolam dengan bersemangat, kemudian kita mengisi air dan memberi prebiotik. Setelah itu kita diamkan kolam lele sampai 1 Minggu untuk pengisian bibit.

Seminggu kemudian setelah kolam siap, anak-anak sangat antusias karena hari itu kita akan mengisi kolam dengan bibit ikan lele, begitu melihat ustadz Muhib datang dengan bibit lele, mereka langsung berlarian menyambut dan tak sabar untuk memasukkan lele ke kolam. Setiap anak bergantian memasukkan 2 ekor ikan lele ke kolam, beberapa terlihat takut dan maju mundur saat gilirannya memasukkan lele, beberapa lagi sempat kaget karena lele yg diambil melompat dari wadahnya. Semua tertawa dan penasaran bagaimana kelanjutan ikan lele mereka. "Apakah akan tumbuh besar? Akankah bertahan hidup? Apa yang harus kita lakukan selanjutnya?" Itulah beberapa pertanyaan yang diutarakan anak-anak. Rasa senang namun khawatir membuat mereka excited.

Setelah kolam terisi ikan lele, tugas anak-anak selanjutnya adalah memberi makan sesuai jadwal piket mereka di kelas, pemberian pakan setiap pukul 09.30 dan pukul 15.00 WIB. Disinilah rasa tanggung jawab mereka mulai terlihat. Sebagian besar anak melaksanakan tugas dengan baik, namun juga ada beberapa anak yang harus diingatkan dan harus dicari-cari dulu oleh teman-temannya untuk memberi makan lele. Memberi makan lele sangat mengasyikkan bagi anak-anak, nafsu makan lele yang besar membuat aksi rebutan makanan antar para lele ini jadi tontonan yang menyenangkan. Setiap harinya saat jadwalnya tiba anak-anak langsung berlarian ke kolam lele.

Banyak cerita yang terjadi saat menemani mereka memberi makan. Ada yang terlalu banyak memberi makan sehingga membuat kolam cepat kotor sehingga harus kita kuras di hari selanjutnya, ada juga menangis karena saat mereka mau memberi makan ada lele yang mati, ada yang mengambil lele mati dan beramai menggali tanah untuk menguburnya. Waktu memberi makan ini juga banyak  pembelajaran yang bisa kita masukkan, selain melatih tanggung jawab anak-anak juga anak-anak bisa mengamati pertumbuhan lele di setiap minggunya, selain itu banyak hal yang tidak kita rencanakan namun bisa kita bahas sebagai pengetahuan dan bimbingan untuk anak-anak. Seperti pada suatu hari saat memberi makan lele ada anak yang mengamati ada lele yang menggantung dan perutnya membesar.
 A : ustadz, lele itu kenapa kok diam dan perutnya besar?
Me : itu ciri-ciri lele yang kekenyangan. Seperti kalian waktu makan kebanyakan.
B : hahahah, aku pernah kayak gitu ust.
Me : enak gak rasanya?
B : gak enak ust, susah mau ngapa-ngapain.
Me : makanya Rasullullah SAW mengajarkan agar kita berhenti makan sebelum kenyang. Biar kita tidak kayak lele itu.
C : kenapa lele itu tidak mengikuti Sunnah Rasul ust? Sambil ketawa.
Me : lele kan gak punya akal seperti kita.
Dan dia termasuk hewan yang nafsu makannya tinggi jadi kalau dilempari makanan pasti langsung dimakan walaupun sudah kenyang. Beda dengan manusia kita kan diberi akal untuk bisa memilih mana yang baik dan mana yang tidak baik. Jadi kalau sudah cukup makannya apa yang harus kita lakukan?
A,B dan C :"berhenti ust" secara serempak.



Related Posts

1 comment

AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)
Subscribe Our Newsletter