-->

Cerita kelas: Mengimajinasikan Diri Sendiri

Mengimajinasikan diri sendiri


Anak-anak sangat dekat dengan imajinasi. Akan sangat banyak yang bisa mereka bayangkan, bahkan sesuatu yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya. Ternyata berimajinasi juga sangat membantu perkembangan setiap anak, dengan berimajinasi otak mereka akan semakin terasah. Berimajinasi juga akan membantu meningkatkan daya nalar dan yang terpenting dengan berimajinasi mereka bisa bersenang-senang dengan dunia yang mereka buat sendiri.

Pagi itu selesai berdoa, aku menyuruh semua anak untuk menutup matanya. Perlahan aku mengarahkan mereka untuk membayangkan diri mereka yang baru sesuai dengan keinginan mereka sendiri, lalu aku arahkan lagi mereka sudah dewasa dan menjadi seseorang yang sesuai dengan cita-citanya sekarang. Anak-anak masih menutup mata, dan aku arahkan lagi untuk berimajinasi diri mereka menjadi superhero. Selesai berselancar di alam imajinasi mereka mereka lalu aku arahkan untuk menggambarkan apa yang mereka imajinasi kan tadi.

Aku tunjukkan salah satu foto dari mereka kebetulan punya Tora. Foto itu aku gunting dan aku sisakan cuma kepalanya saja, Tora yang anaknya memang sensitif terheran-heran matanya berkaca-kaca mungkin dalam hatinya berfikir " ustadz jahat sekali" hahaha. Lalu aku jelaskan "foto ini ustadz sisakan hanya kepala kalian saja, sekarang kalian bebas menggambar badan kalian sesuai imajinasi kalian masing-masing. Wajah mereka langsung berbinar dan mengurumuniku untuk meminta foto kepala mereka. Mereka dengan antusias menggambar badan baru mereka yang sesuai dengan imajinasi mereka. Beberapa langsung lincah menggerakkan tangannya menggambar, beberapa menggambar dengan perlahan dan beberapa kali juga dihapus kembali, tanda mereka kurang yakin atau mungkin ada imajinasi baru yang lebih menarik untuk mereka.

Daannnnn hasilnya bisa dilihat di gambar di atas yaaa....

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter