-->

Cerita kelas: Mendongeng dengan origami mulut singa

Anak-anak berlatih mendongeng dengan origami mulut singa
Anak-anak berlatih mendongeng dengan origami mulut singa

Minggu ini ada materi mendongeng, pengennya mereka bukan cuma mendengarkan dongeng yang sudah sering ustadz-ustadzah lakukan dari kelas 1, untuk membuat mereka tertarik dan bersemangat perlu ada sesuatu yang dijadikan sebagai alat mereka untuk bercerita sekaligus berkarya. Aku teringat pernah melihat gambar di sebuah cover kertas origami tentang tutorial membuat mulut singa. Nah dari sini aku punya ide untuk menjadikan origami mulut singa itu sebagai media mendongeng anak-anak.

Hari ini kami berkumpul di meja makan kelas besar untuk mencari suasana berbeda. Membuat origami kepala singa ini cukup mudah sehingga aku cukup mencontohkan proses sekali saja, dan anak-anak bisa mencontoh melipat kertas origaminya secara mandiri, yang memakan waktu agak lama adalah proses menggambar dan mewarnainya.
Mewarnai origami mulut singa
Menggambar dan mewarnai kertas origami
Setelah semua origami kepala singa jadi dan siap digunakan, lalu aku sedikit mendongeng dengan bantuan si dodo (nama origami singa punyaku) dan mereka mulai membaca apa yang akan menjadi tugas mereka selanjutnya. Selanjutnya aku membuat kelompok dengan 3 anak di masing-masing kelompok dan mereka langsung aku arahkan untuk berlatih sebelum mendongeng di depan teman-temannya dan aku janjikan untuk merekamnya serta mengupload-nya di YouTube dan benar saja mereka menjadi tambah bersemangat sekali dalam berlatih.
Setelah dirasa waktu latihan cukup, kita kembali berkumpul dan aku tawarkan siapa yang tampil duluan, emmm diluar dugaanku mereka berebut untuk tampil duluan. Disini terlihat beberapa anak terlihat sangat percaya diri saat tampil dengan origami kepala singa masing-masing sebagai wayang mereka, padahal biasa diantara mereka ada anak-anak yang masih malu saat tampil di depan orang banyak. Inilah salahsatu tampilan dari anak-anak hebat ini.
Mendongeng dengan origami kepala singa



Sebagai closing statement, aku mengatakan " ternyata kalau wajah kalian di sembunyikan, kalian bisa berbicara begitu banyak dan lancar ya, itu menandakan sebenarnya kalian bisa dan mampu. meskipun dengan menunjukkan wajah, kalian pasti juga mampu berbicara di depan banyak orang".


Related Posts

1 comment

miao sai said…
ayo daftarkan diri anda di 4g3n365*c0m :D
WA : +85587781483
Subscribe Our Newsletter