-->

Pulau Lusi: Surga vegetasi mangrove di ujung timur Sidoarjo

Pulau Lusi Sidoarjo

Jangan berfikiran kalau pulau Lusi ini adalah sebuah pulau yang berada di tengah lautan luas. Karena pulau Lusi ini berada di sungai Porong Sidoarjo, pulau Lusi ini membelah kali Porong menjadi 2 aliran sebelum masuk ke muara. di pulau Lusi ini banyak sekali vegetasi mangrove yang bisa kita nikmati dan dijadikan edukasi buat anak-anak. Ada sungai-sungai kecil dengan jembatan-jembatan kayu yang mempercantik keadaan disini. Jika anda punya keberanian untuk menginap di pulau ini, juga sudah tersedia penginapan untuk bermalam.

Untuk mencapai pulau Lusi ini kita harus menaiki perahu yang dermaga yang di kelola BUMDES setempat. Ada 2 pilihan perahu yang bisa digunakan. Bisa dengan perahu besar dengan biaya Rp.20.000/orang atau dengan perahu booth dengan biaya 175.000/perahu dan bisa diisi 4 orang. Keuntungan dari paket yang kedua adalah perahu akan menunggu kita sampai pulang jadi jika waktunya pulang kita bisa langsung naik perahu booth yang sudah kita sewa. Keasyikan sebenarnya dari pulau Lusi ini justru ada disaat perjalanan menuju ke tempatnya. Sungai Porong yang luas dibalut pohon-pohon mangrove di sebelah kanan dan kirinya adalah pemandangan yang menawan, ditambah bermacam-macam burung muara yang bercengkrama di pasir hitam sungai Porong, menambah manis pemandangan dari atas perahu. Irisan sungai yang terbelah menjadi 2 jalur juga adalah pemandangan yang paripurna dari sungai yang dulu dijadikan tempat pembuangan lumpur Lapindo. Nama Lusi sendiri adalah akronim dari Lumpur Sidoarjo, pulau ini memang terbentuk dari endapan lumpur Lapindo yang dialirkan ke sungai porong, saking banyaknya endapan itu sampai membentuk sebuah pulau dan perlahan tumbuh vegetasi di pulau yang sekarang dinamakan pulau lusi ini.

Masih banyak tempat di pulau Lusi ini yang belum terjamah, sehingga pengembangannya masih sangat bisa dieksplorasi lagi. Jika kita lihat secara seksama, kawasan ini sangat tepat jika dijadikan Eduwisata terutama untuk edukasi ke anak-anak sekolah tentang vegetasi mangrove dan habitat muara. Cocok juga untuk dijadikan area camping, tentu dengan jaminan keamanan dan ketersediaan logistik.

Related Posts

2 comments

miao sai said…

agen365 agen jud! online terpecaya dan teraman di indonesia :)
WA : +85587781483
Subscribe Our Newsletter