-->

4 Bumbu Dapur ini Ternyata Bisa Digunakan Sebagai Pestisida Organik

gambar dari kampustani.com
Hama adalah musuh utama petani atau pemilik kebun, dalam waktu singkat jika tidak ditangani dengan benar dan segera akan benar-benar merusak tanaman atau sayuran anda. Pestisida yang dijual secara umum kebanyakan mengandung zat kimia sehingga membuat kita berfikir ulang akan kesehatan penggunaannya, jangan sampai sayuran atau buah yang sehat jadi makanan yang justru membuat kita sakit hanya karena pestisida kimia.

Ternyata pestisida alami sangat banyak disekitar kita, bahkan di dalam dapur kita terdapat banyak pestisida organik yang tentu sangat aman untuk digunakan di tanaman sayur ataupun buah kita. Berikut beberapa bahan dapur yang bisa digunakan sebagai pestisida organik.

1. Tomat

Foto dari liputan6.com
Buah segar yang biasanya dibuat sambal ini sangat ampuh untuk mengusir hama yang hinggap di tanaman kita. Cara menggunakan dengan memotongnya kecil-kecil lalu merendamnya atau bisa juga dengan di blender, kemudian diamkan selama 1 hari setelah itu disaring dan cairannya siap untuk jadi pestisida organik di kebun kita.

2. Daun sirih

Foto dari Tirto.id
Daun sirih terkenal memiliki khasiat yang cukup banyak bagi kesehatan manusia, siapa sangka ternyata daun sirih juga bisa dijadikan pestisida organik untuk mengusir hama di kebun sayur atau buah kita. Caranya dengan merendam daun sirih selama minimal 1 hari, kemudian air rendamannya bisa kita semprotkan ke tanaman kita yang terserang hama.

3. Cabe

Foto dari romadecade.org

Bahan dapur selanjutnya yang bisa kita gunakan untuk dijadikan pestisida organik adalah cabe. Cabe yang terkenal pedas ternyata tidak hanya bisa dirasakan manusia, namun hama di kebun kita juga akan merasa pedas jika disemprot dengan bahan yang satu ini. Caranya dengan memotong cabe kecil-kecil lalu merendamnya selama 1 hari, air rendaman cabe inilah yang sangat ampuh untuk mengusir hama.

4. Bawang putih

Foto dari hellosehat.com
Selain menambah rasa gurih pada masakan kita, ternyata bawang putih juga ampuh untuk mengusir hama tanaman di kebun kita. Caranya dengan memblender bawang lalu tambahkan air dan diamkan selama 24 jam. Kemudian saring air rendaman bawang putih tersebut agar tidak menyumbat alat penyemprot kita. Air hasil penyaringan ini bisa langsung dipakai untuk mengusir hama.

Bahan-bahan diatas cukup mudah dicari kan, pengolahan juga sangat mudah dan yang pasti akan lebih aman untuk tanaman dan juga pengkonsumsi tanaman tersebut. Selamat mencoba!!


Related Posts

2 comments

Yaudah said…

main poker dengan banyak penghasilan
ayo segera hubungi kami
WA : +855969190856
Subscribe Our Newsletter