-->

Ragam Pakan Alternatif untuk Budidaya Lele

gambar dari mancing.com

Harga pelet yang tinggi serta rendah harga lele di tengkulak, membuat para peternak lele harus berhitung ulang untuk tetap memperoleh untung pada saat panen nanti. salahsatu cara untuk tetap memperoleh untung tentu dengan mencari makanan alternatif yang digunakan untuk memberi makan lele secara full maupun untuk sekedar selingan pakan pelet. lele memang terkenal sebagai hewan pemakan segala, sehingga mudah mencari pakan disekitar. Namun, kita tetap harus berhitung kandungan protein dari pakan alternatif yang kita pilih agar pertumbuhan lele tetap optimal sehingga waktu panen juga tidak mundur. berikut beberapa pakan alternatif dengan kandungan gizi bagus untuk budidaya lele dan mudah ditemukan disekitar kita.

    Daun talas

    Daun talas memiliki kandungan energi yang tinggi, juga mengandung protein, lemak, karbohidrat yang bagus untuk pertumbuhan ikan lele. keunggulan lain dari daun talas adalah juga menjadi antioksidan yang larut di air sehingga akan membuat kualitas air kolam meningkat. cara memberi makan daun talas ke lele bisa dengan melempar daun talas lembaran ke kolam atau bisa juga dicacah dulu untuk memudahkan lele memakan daun talas. 

Telor afkir

Jika rumah anda dekat dengan peternakan ayam petelor atau pabrik pengolahannya tentu telor afkir bisa jadi pilihan untuk pakan alternatif lele anda. Biasanya tidak 100% kualitasnya bagus sehingga pasti ada telur yang diafkir, Nah, telur-telur afkir ini kandungan proteinnya tetap tinggi sehingga cocok untuk dijadikan pakan alternatif untuk ikan lele. Cara memberi makannya adalah dengan merebus telur-telur afkir tersebut lalu kita lempar ke kolam lele saat jam makannya. perhitungan jumlah pakannya sama dengan perhitungan pakan dengan pakan pelet.

Sisa Sayuran

Selain protein hewani, kita juga bisa memberikan lele-lele kita protein nabati dari sayur-sayuran. untuk menekan biaya kita bisa menggunakan sayuran sisa dari pasar. Biasanya tukang sayur di pasar akan memisahkan bagian-bagian sayuran yang sudah agak layu atau kering, nah bagian-bagian ini lah yang kita manfaatkan. Sisa sayuran yang biasanya dibuang ini bisa kita beli dengan harga murah. Cara pemberian makannya, dengan dijemur terlebih dahulu, setelah itu kita cacah dan kita berikan ke ikan lele.

Jerohan Ayam

Jerohan ayam meski kurang sehat untuk manusia jika dikonsumsi terlalu banyak, namun jerohan yang memiliki kandungan protein tinggi sangat baik untuk pertumbuhan ikan lele. jerohan ayam di pasar dijual dengan harga yang murah sehingga cocok untuk digunakan sebagai pakan alternatif ikan lele. Cara pemberian makannya tentu harus digiling terlebih dahulu setelah lembut baru bisa kita berikan ke ikan lele. kita bisa menggiling dalam jumlah banyak dan bisa disimpan di freezer untuk diberikan ke lele beberapa hari setelahnya.

Sisa lauk ikan

Kita bisa bekerjasama dengan rumah makan atau restoran terdekat untuk mengumpulkan sisa lauk ikannya dan kemudian kita ambil untuk pakan alternatif ikan lele kita, ini kerjasama yang saling menguntungkan karena biasanya sisa ikan ini pasti dibuang percuma. atau juga kita bisa bekerjasama dengan pengusaha ikan fillet. Ikan-ikan ini memiliki kandungan protein tinggi yang dibutuhkan ikan lele untuk tumbuh. cara pemberian pakannya adalah dengan menggiling terklebih dahulu sisa-sisa ikan tersebut sebelum kita berikan ke lele-lele di kolam.


Azolla

Azolla banyak tumbuh di genangan-genangan air seperti jumblang, tambak atau bisa juga kita budidayakan sehingga stok pakan kita terjamin. Azolla sangat cocok untuk pertumbuhan ikan lele karena kandungan protein dan vitaminnya yang tinggi. selain itu azolla juga termasuk pakan organik tanpa bahan kimia yang tentu membuat kualitas air kolam meningkat pun juga kesehatan lele akan meningkat pula. lebih baik pemberian azolla dilakukan dalam keadaan kering namun tidak dengan cara dijemur. ambil azolla terlebih dahulu lalu tiriskan agar kandungan airnya berkurang baru kita berikan ke ikan lele.



Related Posts

1 comment

Poker online dengan presentase menang yang besar
ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :D
WA : +855969190856
Subscribe Our Newsletter