-->

Membuat Pagar Hidup dengan Tanaman Binahong

Tanaman binahong merambat ke atas menjadi pagar hidup

Ceritanya kami ingin membuat pagar antara rumah dan musholla di samping rumah. Tapi kami ingin pagarnya tidak terlalu kaku dan rapat karena tujuan kami hanya untuk sedikit menutup dan ada kesan batas antara rumah dan musholla namun tidak menutup total pandangan kita ke arah musholla. Kami juga ingin ada unsur alami nan asri di pagar tersebut.

Berawal dari melihat foto seorang teman yang membuat pagar hidup dari tanaman merambat, kami pun kepikiran untuk membuatnya di rumah. Tanaman yang kami pilih tentu tanaman yang mudah merambat dan juga memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan dan obat. Karena itulah kami memilih tanaman binahong yang kaya manfaat.


Bahan-Bahan yang Dibutuhkan


1. Pot/wadah cat bekas
2. Senar
3. Paku besar
4. Tanah dan humus
5. Tanaman binahong


Langkah-Langkah Membuatnya

1. Membuat jalaran dari senar


Kita siapkan senar bagian atas kita tali dengan besi teras dan bagian bawah kita paku di sela-sela paving. Pastikan agar tali senar tidak terlalu kencang karena bisa mengakibatkan mudah putus, juga jangan terlalu lentur karena akan membuat rambatan binahong kurang bagus dilihat karena kendor.

2. Menyiapkan Media Tanam


Untuk membuat media tanam kita membutuhkan tanah dan humus. Siapkan tanah dan humus, humus yang kami pakai adalah humus dari daun yang kami kumpulkan di belakang rumah. Kita campur tanah dan humus sampai merata lalu kita masukkan hasil campurannya ke dalam pot/wadah cat bekas. 

3. Menanam tanaman binahong


Setelah jalaran terpasang dan media tanam kita sudah siap. Selanjutnya, kita taruh media tanam tepat disamping tali jalaran yang kita buat. Lalu kita tanam tanaman binahong di media tanam dan kita putarkan tanaman di tali jalaran agar mereka merambat ke atas. Pastikan tempat tanaman yang kita tanami mendapat cahaya matahari yang cukup agar tanaman cepat merambat. 


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter