-->

Cara membuat Pupuk Organik Cair dari Air Cucian Beras




Tanaman atau sayuran tidak tumbuh dengan baik bisa terjadi karena bermacam-macam hal, salah satunya adalah nutrisi dari dalam tanah terlalu sedikit. Sehingga perlu asupan nutrisi baru dari pupuk, namun pupuk kimia di pasaran sering membuat kita was-was akan efek samping yang diberikan ke lingkungan dan tanaman itu sendiri. Oleh karena itu pupuk organik menjadi opsi terbaik untuk meningkatkan nutrisi dalam tanah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pupuk organik cair diantaranya adalah :
Air cucian beras
EM4 
Gula Merah

Cara membuatnya:
Kita siapkan wadah berupa botol atau jerigen lalu kita masukkan air cucian beras bilasan pertama lalu kita masukkan EM4 2 tutup botol, EM4 ini adalah bakteri mati suri yang akan aktif bila menemukan makanan. Selanjutnya kita masukkan Gula merah secukupnya, gula merah ini merupakan makanan yang akan mengaktifkan bakteri EM4. Setiap pagi jangan lupa untuk membuka campuran ini agar gas didalamnya keluar secara perlahan dan tidak meledak.

Cara Aplikasi ke tanaman :
Kita campur hasil fermentasi dengan air kolam, jika tidak ada boleh air sumur biasa dengan perbandingan 1:10 lalu diaduk sampai merata dan bisa kita siramkan ke tanaman-tansman kita.

Selamat mencoba.
Bisa cek juga video ini !

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter