-->

Cerita kelas : Yeayyy, Akhirnya Panen Lele

Panen lele kelas 3 SD SAIM
Anak-anak mengambil ikan lele dari kolam
Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak tiba, setelah 2 bulan lebih 5 hari rutin memberi makan lele secara bergantian serta mengamati pertumbuhan ikan lele dari Minggu ke Minggu, akhirnya hari ini mereka akan memanen ikan-ikan lele yang telah mereka rawat.

Senyum mereka merekah, rasa dag Dig dug menghampiri. Secara bergantian mereka mengambil menyerok ikan lele di kolam, ada yang tertawa senang, ada juga yang teriak ketakutan saat ikan lele tiba melompat dari jaring. Total 15 kg ikan lele kita panen hari untuk selanjutnya kita masak dan makan besar bersama-sama.

Keesokan harinya, mereka bergotong royong membantu membersihkan ikan, menyiapkan bumbu dan menggoreng ikan lele juga menyiapkan sambel dan lalapan. Mereka sangat antusias membantu memasak dan juga tidak sabar untuk untuk menikmati ikan lele yang sangat lekat dengan mereka selama sekitar 2 bulan ini.

Selama merawat ikan lele ini, banyak sekali materi pembelajaran di kelas yang bisa kita sinergikan dan integrasikan dengan kegiatan budidaya ikan lele ini.

1. Materi kesabaran(Aqidah Akhlak)

Merawat lele butuh kesabaran tinggi untuk secara disiplin memberi makan setiap hari, dan juga butuh kesabaran tinggi untuk menunggu lele-lele itu tumbuh besar. Hal ini bisa selalu kita maknai di setiap pembelajaran setelah memberi makan ikan dan juga setelah panen, bahwa akan ada sebuah hasil dari kesabaran yang kita tekuni.

2. Materi pertumbuhan hewan(Sains)

Di kelas 3 semester 1 ini juga ada materi tentang pertumbuhan hewan, tentu ini sangat cocok dengan proyek ikan lele ini karena anak2 setiap minggu bisa mengamati pertumbuhan ikan lele dengan mengukur panjangnya pun juga belajar faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhannya.

3. Materi Pengukuran panjang(Numerik)

Mengukur panjang ikan lele
Mengukur panjang ikan lele

Pengukuran panjang pada lele kita lakukan 3x pada proyek kali ini, yakni saat akan tebar benih, saat lele berusia 1 bulan dan menjelang panen, ikan lele bisa jadi praktek pengukuran panjang yang cukup seru karena kita harus menangkap dan menenangkan ikan lele tersebut. Dan juga ada tujuan dan kegunaan pengukuran panjang yang kita lakukan sehingga terasa lebih aplikatif dan nyata.

4. Materi Pengukuran berat(Numerik)

Mengukur berat ikan lele
Mengukur berat ikan lele

Materi Pengukuran berat tepat muncul saat Minggu menjelang panen, sehingga kita bisa langsung praktek menimbang hasil panen kita. Menimbang sesuatu yang masih bergerak dan berontak tentu sesuatu yang menegangkan buat anak-anak. Sambil memanen dengan bahagia anak-anak secara integratif juga belajar cara menimbang barang.

5. Materi Makanan Sehat(Sains)

Makan lele bersama
Makan Lele, makanan sehat kaya protein

Lele termasuk makanan yang kaya protein dan bagus untuk kesehatan, lele bisa kita jadikan contoh makanan sehat yang ada di sekitar kita. Dengan penjelasan tentang makanan sehat ini, nyatanya mampu membuat ananda lebih semangat dan aktif dalam merawat lele karena mereka ingin segera merasakan makanan sehat yang mereka rawat sendiri. Guru sendiri juga bisa menjelaskan tentang makanan sehat dengan prolog ikan lele yang sangat dekat dengan mereka.

Related Posts

1 comment

Yaudah said…
menangkan uang sebanyak-banyaknya hanya di AJOQQ :D
AJOQQ menyediakan 8 permainan seru :)
Subscribe Our Newsletter