-->

RPP Daring Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1

                         RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Satuan Pendidikan : SD SEKOLAH ALAM INSAN MULIA 

Tema/Subtema : Pahlawanku/Perjuangan Pahlawan 

Kelas/semester : IV(empat)/1 

Pembelajaran : 1 

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit 

A. Kompetensi Inti 

1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,  membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan  Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang  estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang  mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi 

SBdP 

No. 

Kompetensi Dasar 

Indikator Pencapaian Kompetensi

1. 

3.2 Memahami tanda tempo  cepat dan lambat

Mengkarakteristikkan lagu bertempo cepat dan  lagu bertempo lambat.

2. 

4.2 Menampilkan tempo lambat  dan cepat melalui lagu.

Menyanyikan lagu "TANAH AIRKU" dan  “BERKIBARLAH BENDERAKU” dengan  lancar.



Bahasa Indonesia

No. 

Kompetensi Dasar 

Indikator Pencapaian Kompetensi

1. 

3.7 Menggali pengetahuan baru  yang terdapat pada teks nonfiksi. 

Menganalisis informasi yang terdapat pada text  nonfiksi tentang peninggalan dari masa kerajaan  hindu-budha dan Islam.

2. 

4.7 Menyampaikan pengetahuan  baru dari teks nonfiksi ke dalam  tulisan dengan bahasa sendiri.

Menyampaikan hasil analisis informasi yang  terdapat pada teks nonfiksi peninggalan dari masa  kerajaan hindu-budha dan islam. 



IPS 

No. 

Kompetensi Dasar 

Indikator Pencapaian Kompetensi

1. 

3.4 Mengidentifikasi kerajaan  Hindu dan/atau Buddha dan/  atau Islam di lingkungan daerah  setempat,serta pengaruhnya pada  kehidupan masyarakat masa kini. 

Menentukan Peninggalan-peninggalan pada masa  kerajaan hindu-budha dan Islam.

2. 

4.4 Menyajikan hasil identifikasi  kerajaan Hindu dan/atau Buddha  dan/atau Islam di lingkungan  daerah setempat, serta  pengaruhnya pada kehidupan  masyarakat masa kini.

Mengumpulkan informasi tentang peninggalan di  masa kerajaan hindu-budha dan islam. 

Mengkategorikan Peninggalan masa hindu-budha  dan Islam 



C. Tujuan Pembelajaran  

1. Melalui kegiatan menyanyi bersama dengan guru (via zoom), peserta didik dapat  Menyanyikan lagu "TANAH AIRKU dan BERKIBARLAH BENDERAKU” dengan  lancar.

2. Setelah menyanyikan lagu "TANAH AIRKU dan BERKIBARLAH BENDERAKU” yang dilakukan guru(via zoom), peserta didik dapat mengkarakteristikkan lagu  bertempo cepat dan lagu bertempo lambat. 

3. Setelah membaca cerita teks nonfiksi tentang peninggalan masa hindu budha, peserta  didik dapat menganalisis informasi yang terdapat pada text nonfiksi tentang peninggalan  dari masa kerajaan hindu-budha dan Islam. 

4. Setelah membaca cerita tentang peninggalan masa hindu budha, Peserta didik dapat  menyampaikan hasil analisis informasi yang terdapat pada teks nonfiksi peninggalan  dari masa kerajaan hindu-budha dan islam. 

5. Setelah menyimak penjelasan lewat power point, peserta didik dapat menentukan  Peninggalan-peninggalan pada masa kerajaan hindu-budha dan Islam. 

6. Melalui kegiatan membuat mind mapping peninggalan kerajaan masa hindu-budha,  peserta didik dapat Mengumpulkan informasi tentang peninggalan di masa kerajaan  hindu-budha dan islam. 

7. Setelah membuat mind mapping peninggalan kerajaan masa hindu-budha di masa  hindu budha dan islam, peserta didik dapat mengkategorikan peninggalan masa hindu budha dan Islam. 

D. Materi Pembelajaran  

Materi Reguler 

Remidi 

Pengayaan

SBdP 

Tempo lagu dan tinggi  rendah nada

SBdP 

Tempo lagu dan tinggi  

rendah nada

SBdP 

Mencari tahu lebih banyak  lagu tempo tinggi dan rendah

Bahasa Indonesia 

Pengetahuan baru dari teks  Nonfiksi

Bahasa Indonesia 

Pengetahuan baru dari teks  Nonfiksi

Bahasa Indonesia 

Pengetahuan baru dari teks  nonfiksi yang lebih panjang

IPS 

Peninggalan pada masa  kerajaan hindu-budha dan  islam

IPS 

Peninggalan pada masa  kerajaan hindu-budha dan  islam

IPS 

Mencari informasi lebih dalam  dari peninggalan pada masa  kerajaan hindu-budha dan islam



E. Karakter yang Dikembangkan

Religius 

Nasionalisme 

Disiplin 

Sopan santun 

Percaya Diri 

F. Metode Pembelajaran 

Model pembelajaran yang digunakan adalah Discovery Learning.  

Pendekatan : TPACK 

Metode : Praktek dan Presentasi. 

G. Sumber Belajar 

1. Buku Pedoman Guru Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum  2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017). 

2. Buku Peserta didik Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum  2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017). 

3. Youtube 

4. WIkipedia 

H. Media Pembelajaran 

1. Media 

Laptop/HP 

Video minus one + lirik lagu “berkibarlah bendera dan Tanah airku” Video running text 

Aplikasi Zoom Meeting 

2. Alat dan bahan 

Kertas mind mapping Kisah Pahlawan 

I. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan 

Deskripsi Kegiatan

Saintifik-4C 

TPACK

Alokasi Waktu

Pendahuluan 

Peserta didik bergabung ke zoom  meeting dengan link zoom yang sudah  dibagikan sebelumnya. 

Guru memberikan salam dan mengajak  semua Peserta didik berdo’a menurut  agama dan keyakinan masing-masing.  Religius 

Guru memeriksa kehadiran peserta  didik yang hadir di pertemuan zoom.  Disiplin 

Peserta didik mendengarkan apersepsi  tentang pembelajaran sebelumnya. 

Peserta didik melakukan tanya jawab  tentang pembelajaran sebelumnya.

Technology 

Collaboration 

Communication 

Technology/  

menanya

5 menit

Inti 

(Via Zoom Meeting) 

Tahap 1 : Penyampaian Tujuan dan  Motivasi 

Siswa menyimak penjelasan guru  tentang kegiatan pembelajaran, tujuan  pembelajaran serta memotivasi siswa  agar tetap semangat pada pembelajaran  daring ini. 

Tahap 2 :Mengorganisasi peserta didik  untuk siap belajar 

Peserta didik dipastikan sudah  menerima dan mendownload LKPD 

Communication 

Paedagogik 

Technology

20 

menit



Kegiatan 

Deskripsi Kegiatan

Saintifik-4C 

TPACK

Alokasi Waktu


yang sudah di share di schoology. 

Tahap 3 : Penyajian Informasi 

Ayo Menyanyi 

Peserta didik dan guru bersama-sama  menyanyikan lagu ”Berkibarlah  Benderaku dan Tanah Airku” dengan  dibantu video minus one dan lirik. 

Nasionalisme 

Peserta didik menentukan mana yang  termasuk lagu dengan tempo cepat dan  tempo lambat. 

Peserta didik menganalisis perbedaan  kan tempo 2 lagu yang sudah  dinyanyikan.  

Peserta didik bersama guru  menyimpulkan tentang lagu dengan  tempo lambat dan cepat.  

Peserta didik mendengarkan instruksi  untuk menyanyikan kedua lagu di atas  bersama keluarga dan divideokan. 

Guru dan peserta didik bertanya jawab  kenapa memilih lagu nasional agar lebih  bangga dan cinta pada tanah air lalu  menyambungkan dengan kehebatan  nusantara pada masa lalu dan  peninggalan-peninggalannya. 

Ayo membaca

Content 

Mencoba 

Menalar 

(critical thinking) 

Knowledge 

Paedagogik 

Communication 

Critical thinking 

Knowledge 

Critical thinking




Kegiatan 

Deskripsi Kegiatan

Saintifik-4C 

TPACK

Alokasi Waktu


Peserta didik menyimak informasi  tentang beberapa peninggalan pada masa  kerajaan hindu-budha dan Islam. Lewat power point. 

Peserta didik membaca video running  text tentang Candi Tikus via share screen  zoom. 

Peserta didik menjawab pertanyaan  dengan menggali informasi tentang candi  tikus di LKPD. (Percaya diri) 

Ayo Berkreasi 

Setelah membaca video running text  tentang candi tikus. Peserta didik  dirangsang dengan pertanyaan “Tahukah  kalian peninggalan di masa kerajaan  Hindu-Budha yang lain?” dan coba  “sebutkan salah satu peninggalan yang  kalian tau di masa kerajaan Islam?” 

Peserta didik menyimak penjelasan tugas  untuk membuat mind mapping tentang  peninggalan Hindu-Budha dan Islam. 

Tahap 4 : Membimbing kegiatan diskusi  tentang Perbedaan peninggalan hindu budha dan Islam. 

Guru memberikan gambar 2 peninggalan  masa lalu, 1 dari peninggalan masa hindu  budha dan 1 peninggalan dari masa  kerajaan Islam.

Mengamati 

menalar 

Mengamati 

Menanya 

Mengkomunikasikan Collaboration 

Mengamati 

Creative 

Mengamati 

Content 

Menalar




Kegiatan 

Deskripsi Kegiatan

Saintifik-4C 

TPACK

Alokasi Waktu


Peserta didik menyampaikan perbedaan  yang mereka lihat pada kedua gambar.  Peserta didik dengan bimbingan guru  menyimpulkan perbedaan kedua gambar.

Mengkomunikasikan


Penutup 

Tahap 5 : Kuis dan pemberian evaluasi 

Guru menyampaikan tugas yang harus di  lakukan peserta didik : 

1. Menyanyikan lagu nasional bersama  Ayah/bunda, video di kirim via  schoology 

2. Membuat mind mapping 1 peninggalan  masa Hindu-budha dan Islam 

3. Mengerjakan evaluasi via Schoology. Tahap 6 : Memberikan Penghargaan 

Sebelum menutup pembelajaran online, guru  memberi kesempatan peserta didik untuk menyampaikan kesimpulan tentang apa yang  sudah dipelajari pada pembelajaran ini. 

Apa saja yang sudah kalian pelajari hari  ini? 

Bagian mana dari pembelajaran hari ini  yang paling kalian sukai? 

Apa yang belum kalian pahami dari  pembelajaran hari ini? 

Guru mengakhiri pembelajaran dengan  berdoa bersama, doa dipimpin oleh peserta 

Technology 

Menalar 

Creative 

Critical thinking 

Paedagogik 

Communication/ 

Mengkomunikasikan

10 

menit



Kegiatan 

Deskripsi Kegiatan

Saintifik-4C 

TPACK

Alokasi Waktu


didik yang tadi menyanyi dengan semangat. 

Guru mengucapkan salam dan  mempersilahkan peserta didik untuk  meninggalkan zoom meeting





J. Penilaian 

1. Prosedur penilaian 

Penilaian proses menggunakan format pengamatan saat kegiatan pembelajaran  secara online dari awal pembelajaran sampai akhir 

Penilai hasil belajar dengan menilai video menyanyi bersama keluarga dan  menilai presentasi pahlawan di masa kerajaan hindu-budha dan Islam. 

2. Instrumen Penilaian 

Afektif 

Bentuk : lembar pengamatan 

Jenis : Tertulis 

Kognitif 

Bentuk : Lembar penilaian Presentasi 

Ketrampilan :  

Bentuk : Lembar penilaian menyanyi 

3. Kriteria Keberhasilan : 

Proses : dikatakan berhasil apabila memperoleh nilai > 70 

Hasil Belajar : dikatakan berhasil apabila memperoleh nilai > 70 

J. Pembelajaran Remidial 

Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar  akan diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk: 

Pembelajaran ulang secara daring

K. Pembelajaran Pengayaan 

Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar  akan diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan pendalaman materi dalam  bentuk : 

Mengerjakan soal-soal dengan kemampuan yang lebih tinggi via schoology 

Surabaya, 30 September2020 

Mengetahui 

Kepala SD SAIM                                                                        Guru Kelas

                                                                                                    M. Yusuf Shobahi, S.Pd

Download file Disini


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter