Satuan Pendidikan : SD SEKOLAH ALAM INSAN MULIA
Tema/Subtema : Pahlawanku/Perjuangan Pahlawan
Kelas/semester : IV(empat)/1
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
SBdP
No. | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1. | 3.2 Memahami tanda tempo cepat dan lambat | Mengkarakteristikkan lagu bertempo cepat dan lagu bertempo lambat. |
2. | 4.2 Menampilkan tempo lambat dan cepat melalui lagu. | Menyanyikan lagu "TANAH AIRKU" dan “BERKIBARLAH BENDERAKU” dengan lancar. |
Bahasa Indonesia
No. | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1. | 3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi. | Menganalisis informasi yang terdapat pada text nonfiksi tentang peninggalan dari masa kerajaan hindu-budha dan Islam. |
2. | 4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri. | Menyampaikan hasil analisis informasi yang terdapat pada teks nonfiksi peninggalan dari masa kerajaan hindu-budha dan islam. |
IPS
No. | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1. | 3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/ atau Islam di lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini. | Menentukan Peninggalan-peninggalan pada masa kerajaan hindu-budha dan Islam. |
2. | 4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini. | ∙Mengumpulkan informasi tentang peninggalan di masa kerajaan hindu-budha dan islam. ∙Mengkategorikan Peninggalan masa hindu-budha dan Islam |
C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui kegiatan menyanyi bersama dengan guru (via zoom), peserta didik dapat Menyanyikan lagu "TANAH AIRKU dan BERKIBARLAH BENDERAKU” dengan lancar.
2. Setelah menyanyikan lagu "TANAH AIRKU dan BERKIBARLAH BENDERAKU” yang dilakukan guru(via zoom), peserta didik dapat mengkarakteristikkan lagu bertempo cepat dan lagu bertempo lambat.
3. Setelah membaca cerita teks nonfiksi tentang peninggalan masa hindu budha, peserta didik dapat menganalisis informasi yang terdapat pada text nonfiksi tentang peninggalan dari masa kerajaan hindu-budha dan Islam.
4. Setelah membaca cerita tentang peninggalan masa hindu budha, Peserta didik dapat menyampaikan hasil analisis informasi yang terdapat pada teks nonfiksi peninggalan dari masa kerajaan hindu-budha dan islam.
5. Setelah menyimak penjelasan lewat power point, peserta didik dapat menentukan Peninggalan-peninggalan pada masa kerajaan hindu-budha dan Islam.
6. Melalui kegiatan membuat mind mapping peninggalan kerajaan masa hindu-budha, peserta didik dapat Mengumpulkan informasi tentang peninggalan di masa kerajaan hindu-budha dan islam.
7. Setelah membuat mind mapping peninggalan kerajaan masa hindu-budha di masa hindu budha dan islam, peserta didik dapat mengkategorikan peninggalan masa hindu budha dan Islam.
D. Materi Pembelajaran
Materi Reguler | Remidi | Pengayaan |
SBdP Tempo lagu dan tinggi rendah nada | SBdP Tempo lagu dan tinggi rendah nada | SBdP Mencari tahu lebih banyak lagu tempo tinggi dan rendah |
Bahasa Indonesia Pengetahuan baru dari teks Nonfiksi | Bahasa Indonesia Pengetahuan baru dari teks Nonfiksi | Bahasa Indonesia Pengetahuan baru dari teks nonfiksi yang lebih panjang |
IPS Peninggalan pada masa kerajaan hindu-budha dan islam | IPS Peninggalan pada masa kerajaan hindu-budha dan islam | IPS Mencari informasi lebih dalam dari peninggalan pada masa kerajaan hindu-budha dan islam |
E. Karakter yang Dikembangkan
Religius
Nasionalisme
Disiplin
Sopan santun
Percaya Diri
F. Metode Pembelajaran
Model pembelajaran yang digunakan adalah Discovery Learning.
Pendekatan : TPACK
Metode : Praktek dan Presentasi.
G. Sumber Belajar
1. Buku Pedoman Guru Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
2. Buku Peserta didik Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
3. Youtube
4. WIkipedia
H. Media Pembelajaran
1. Media
∙ Laptop/HP
∙ Video minus one + lirik lagu “berkibarlah bendera dan Tanah airku” ∙ Video running text
∙ Aplikasi Zoom Meeting
2. Alat dan bahan
∙ Kertas mind mapping Kisah Pahlawan
I. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Saintifik-4C TPACK | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | ▪ Peserta didik bergabung ke zoom meeting dengan link zoom yang sudah dibagikan sebelumnya. Guru memberikan salam dan mengajak semua Peserta didik berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius Guru memeriksa kehadiran peserta didik yang hadir di pertemuan zoom. Disiplin Peserta didik mendengarkan apersepsi tentang pembelajaran sebelumnya. Peserta didik melakukan tanya jawab tentang pembelajaran sebelumnya. | Technology Collaboration Communication Technology/ menanya | 5 menit |
Inti | (Via Zoom Meeting) Tahap 1 : Penyampaian Tujuan dan Motivasi ▪ Siswa menyimak penjelasan guru tentang kegiatan pembelajaran, tujuan pembelajaran serta memotivasi siswa agar tetap semangat pada pembelajaran daring ini. Tahap 2 :Mengorganisasi peserta didik untuk siap belajar ▪ Peserta didik dipastikan sudah menerima dan mendownload LKPD | Communication Paedagogik Technology | 20 menit |
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Saintifik-4C TPACK | Alokasi Waktu |
| yang sudah di share di schoology. Tahap 3 : Penyajian Informasi Ayo Menyanyi ▪ Peserta didik dan guru bersama-sama menyanyikan lagu ”Berkibarlah Benderaku dan Tanah Airku” dengan dibantu video minus one dan lirik. Nasionalisme ▪ Peserta didik menentukan mana yang termasuk lagu dengan tempo cepat dan tempo lambat. Peserta didik menganalisis perbedaan kan tempo 2 lagu yang sudah dinyanyikan. ▪ Peserta didik bersama guru menyimpulkan tentang lagu dengan tempo lambat dan cepat. ▪ Peserta didik mendengarkan instruksi untuk menyanyikan kedua lagu di atas bersama keluarga dan divideokan. ▪ Guru dan peserta didik bertanya jawab kenapa memilih lagu nasional agar lebih bangga dan cinta pada tanah air lalu menyambungkan dengan kehebatan nusantara pada masa lalu dan peninggalan-peninggalannya. Ayo membaca | Content Mencoba Menalar (critical thinking) Knowledge Paedagogik Communication Critical thinking Knowledge Critical thinking |
|
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Saintifik-4C TPACK | Alokasi Waktu |
| ▪ Peserta didik menyimak informasi tentang beberapa peninggalan pada masa kerajaan hindu-budha dan Islam. Lewat power point. ▪ Peserta didik membaca video running text tentang Candi Tikus via share screen zoom. ▪ Peserta didik menjawab pertanyaan dengan menggali informasi tentang candi tikus di LKPD. (Percaya diri) Ayo Berkreasi ▪ Setelah membaca video running text tentang candi tikus. Peserta didik dirangsang dengan pertanyaan “Tahukah kalian peninggalan di masa kerajaan Hindu-Budha yang lain?” dan coba “sebutkan salah satu peninggalan yang kalian tau di masa kerajaan Islam?” ▪ Peserta didik menyimak penjelasan tugas untuk membuat mind mapping tentang peninggalan Hindu-Budha dan Islam. Tahap 4 : Membimbing kegiatan diskusi tentang Perbedaan peninggalan hindu budha dan Islam. ▪ Guru memberikan gambar 2 peninggalan masa lalu, 1 dari peninggalan masa hindu budha dan 1 peninggalan dari masa kerajaan Islam. | Mengamati menalar Mengamati Menanya Mengkomunikasikan Collaboration Mengamati Creative Mengamati Content Menalar |
|
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Saintifik-4C TPACK | Alokasi Waktu |
| ▪ Peserta didik menyampaikan perbedaan yang mereka lihat pada kedua gambar. ▪ Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan perbedaan kedua gambar. | Mengkomunikasikan |
|
Penutup | Tahap 5 : Kuis dan pemberian evaluasi Guru menyampaikan tugas yang harus di lakukan peserta didik : 1. Menyanyikan lagu nasional bersama Ayah/bunda, video di kirim via schoology 2. Membuat mind mapping 1 peninggalan masa Hindu-budha dan Islam 3. Mengerjakan evaluasi via Schoology. Tahap 6 : Memberikan Penghargaan Sebelum menutup pembelajaran online, guru memberi kesempatan peserta didik untuk menyampaikan kesimpulan tentang apa yang sudah dipelajari pada pembelajaran ini. ▪ Apa saja yang sudah kalian pelajari hari ini? ▪ Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang paling kalian sukai? ▪ Apa yang belum kalian pahami dari pembelajaran hari ini? Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa bersama, doa dipimpin oleh peserta | Technology Menalar Creative Critical thinking Paedagogik Communication/ Mengkomunikasikan | 10 menit |
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Saintifik-4C TPACK | Alokasi Waktu |
| didik yang tadi menyanyi dengan semangat. Guru mengucapkan salam dan mempersilahkan peserta didik untuk meninggalkan zoom meeting |
|
|
J. Penilaian
1. Prosedur penilaian
∙ Penilaian proses menggunakan format pengamatan saat kegiatan pembelajaran secara online dari awal pembelajaran sampai akhir
∙ Penilai hasil belajar dengan menilai video menyanyi bersama keluarga dan menilai presentasi pahlawan di masa kerajaan hindu-budha dan Islam.
2. Instrumen Penilaian
∙ Afektif
Bentuk : lembar pengamatan
Jenis : Tertulis
∙ Kognitif
Bentuk : Lembar penilaian Presentasi
∙ Ketrampilan :
Bentuk : Lembar penilaian menyanyi
3. Kriteria Keberhasilan :
∙ Proses : dikatakan berhasil apabila memperoleh nilai > 70
∙ Hasil Belajar : dikatakan berhasil apabila memperoleh nilai > 70
J. Pembelajaran Remidial
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar akan diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk:
∙ Pembelajaran ulang secara daring
K. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar akan diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan pendalaman materi dalam bentuk :
∙ Mengerjakan soal-soal dengan kemampuan yang lebih tinggi via schoology
Surabaya, 30 September2020
Mengetahui
Kepala SD SAIM Guru Kelas
M. Yusuf Shobahi, S.Pd
Download file Disini
Post a Comment